Batu Bata dan Semua Hal yang Ditanyakan LENGKAP

BATU BATA – Adalah salah satu bahan / material untuk pembuatan bangunan. Info yang sering menjadi pertanyaan bagi Anda semua yang mau mendirikan bangunan adalah mulai dari harga batu bata, jenis batu bata, kegunaan batu bata dari berbagai macam nya, dan mungkin ada yang iseng bertanya bagaimana proses pembuatan batu bata dan terbuat menggunakan bahan apa.

Okey, kami dari Batu Bata Jepara akan mencoba membahas pertanyaan di atas satu persatu secara singkat dan jelas. Silakan simak dan semoga penjelasannya jelas, jika ada yang masih belum jelas, silakan hubungi kami agar kami bisa membantu.
.
batu bata jenis harga dan fungsinya

 

Apa Itu Batu Bata?

Batu bata merupakan salah satu bahan material untuk pembuatan dinding. Batu bata terbuat dari tanah biasanya justru bukan tanah liat melainkan tanah pada biasa namun oleh pengrajin/pembuatnya telah memilihnya dengan khusus yang sedemikian rupa memiliki tekstur yang baik sehingga saat membakarnya akan menghasilkan batu bata yang baik nantinya, berwarna kemerah-merahan, ringan namun memiliki kekerasan yang kuat dan tidak muda pecah.

Pengertian batu bata menurut SNI-2094-1991 adalah salah satu unsur bangunan yang dipakai untuk pembuatan konstruksi bangunan, dibuat dari tanah dengan atau tanpa campuran bahan-bahan lain, dibakar pada suhu yang cukup tinggi hingga tidak dapat hancur lagi bila orang merendamnya dalam air meskipun dalam waktu yang lama.

batu bata jenis harga dan fungsinya
.

Kegunaan Batu Bata

Dari sedikit uraian di atas, maka sudah jelas bahwa fungsi batu bata adalah sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan tembok atau dinding, selain itu tentunya ada campuran lain berupa pasir dan semen untuk merekatkan batu batanya serta merekatkan dan memperkuat dinding bangunan. Batu bata terbukti lebih kuat, awet, mudah mendapatkannya serta lebih murah harganya.

Selain itu, tembok yang menggunakan batu bata ternyata dapat membuat suhu ruangan lebih sejuk, tidak mudah retak, dan lebih tahan api.

 

Jenis-Jenis Batu Bata

Tentu saja, macam-macam batu bata ada banyak sekali. Karena itu kami tidak akan menjelaskan semuanya secara rinci, namun akan kami sebutkan berbagai jenis-jenis batu bata yang kami tahu. Untuk penjelasan lengkapnya nanti akan ada pembahasan di postingan berikutnya.

Jenis-Jenis Batu Bata

  • Batu bata merah
  • Batu bata batako
  • Batu bata hebel
  • Batu bata berlubang
  • Batu bata purpose-made

Info selengkapnya nanti akan ada penjelasan di postingan selanjutnya ya.

 

Harga Batu Bata

Para pengrajin batu bata biasa menjual dengan harga yang bervariasi di pasaran. Khusus untuk bata merah. Jika anda jauh dari lokasi pembuatan bata ini, mungkin bisa mendapatkan harga dengan agak mahal jika membelinya di toko bangunan. Namun jika lokasi anda masih bisa menjangkau lokasi pembuatan batu bata merah (misal masih dalam satu provinsi jawa tengah) maka silakan bisa membelinya ke penjual tangan pertama atau kedua (bukan toko bangungan) untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Di lokasi kami di Jepara, harga batu bata cukup terjangkau, mulai kisaran Rp500 ber biji nya untuk batu bata merah hingga kisaran Rp800 atau lebih dari Rp1.000 untuk batu bata jenis tertentu  yang bukan batu bata merah.

Perlu Anda perhatikan juga soal cuaca ya, karena di musim kemarau dan musim penghujan harga batu bata bisa jauh berubah drastis. Di musim kemarau harga batu bata cenderung lebih murah, sedangkan di musim hujan harga batu bisa cukup mahal karena untuk pembuatannya memang sangat tergantung dari curah sinar matahari.

Nah, untuk lebih jelas dan detailnya nanti akan kita bahas satu persatu harga batu bata berdasarkan jenis-jenis atau macam batu batanya.

 

Proses Pembuatan Batu Bata

Proses pembuatan batu bata juga akan cukup panjang lebar jika semua informasinya di sini. Namun kami akan menjelaskan secara ringkas terlebih daulu ya, selengkapnya nanti akan ada pembahasan khusus di postingan berikutnya.

Cara pembuatan batu bata secara ringkas meliputi:

Pertama penggalian tanah yang biasanya diambil dari lokasi pembuatan batu bata. Namun untuk saat sekarang ini para pengrajin lebih memilih membeli tanah dari wilayan luar yang kualitasnya lebih bagus. Kemudian pengrajin mengolah dan mencampurnya dengan bahan-bahan tertentu. Lalu mencetaknya menjadi batu bata yang masih basah di lahan terbuka dan sekaligus menjemurnya di terik matahari. Jika sudah cukup kering lalu pengrajin menatanya dan memindahkan ke dalam brak-brak. Setelah itu siap untuk proses pembakaran hingga matang dan menghasilkan batu bata yang berwarna kemerah-merahan.

Nah, di lokasi kami Jepara sendiri dalam proses pembuatan batu batanya biasanya membutuhkan lahan tertentu yang tidak terlalu luas, selain itu juga ada brak-brak atau semacam bangunan untuk mengumpulkan dan menyimpan batu batanya hingga benar-benar kering kemudian di brak tersebut juga proses pembakaran batu bata dilakukan.

Jika anda kebetulan sedang jalan-jalan dan melewati atau memasuki area jepara dari arah Demak atau Semarang, silakan amati di sekitaran kanan kiri jalan mulai dari wilayah Desa Kalipucang Kulon. Di situ akan ada banyak sekali brak-brak yang berkepul asap-asap yang terhasil dari proses pembakaran batu bata tersebut.

 

Penutup

Demkian informasi singkat mengenai batu bata. Meskipun belum detail silakan simak postingan-postingan berikutnya dari blog kami ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa share informasi blog ini jika bermanfaat. Terima kasih & see you.

Batu Bata dan Semua Hal yang Ditanyakan LENGKAP | Bata Jepara | 4.5